Sabtu, Juli 04, 2009

Pengetahuan

Pintarnya Mobil Hybrid

Manusia di Bumi pusing dengan ulah gas kabrbon dioksida. Gas kaarbon dioksida menyebabkan perubahan iklim dan badai di planet Bumi. Sayangnya gas karbon dioksida itu dihasilkan oleh bahan bakar mobil. Padahal, manusia butuh mobil untuk berpergian. Aduh, gimana, dong? Tenang, pakai saja mobil pintar bernama Hybrid.

Hebatnya, Mobil Minyak

Sejak dulu orang membuat bermacam-macam mobil. Ada kendaraan yang memakai bahan bakar minyak. Ada juga kendaraan yang memakai bahan bakar listirk.
Wow, kendaraan dengan bahan bakar minyak terbukti paling hebat. Bayangkan, kendaraan dengan bahan bakar minyak dapat berjalan sejauh 482 kilometer. Bahan bakar minyak mudah diisi ulang. Kendaraan dengan bahan bakar minyak juga dapat melaju kencang, lo. Akibatnya banyak orang lebih suka menciptakan mobil dengan bahan bakar minyak.
Repotnya, Mobil Listrik
Mobil dengan bahan bakar minyak menghasilkan karbon dioksida. Sayangnya, gas karbon dioksida menyebabkan perubahan iklim di planet Bumi. Hiii … seram. Gas karbon dioksida menyebabkan badai dan banjir dimana-mana. Kaarena itu, orang berusaha membuat mobil yang tidak menghasilkan sedikit karbon dioksida. Ahli mesin pun mulai meneliti. Ahli mesin harus membuat baterai jika mobil memakai bahan bakar listrik. Namun, baterai merepotkan pemakai mobil. Soalnya, beterai harus diisi ulang saat habis. Selain itu mobil listrik hanya mampu berjalan sejauh 9 kilometer dan tidak dapt melaju kencang.

Minyak Listrik, Gabung Dong . . .

Jadi gimana, dong? Manusia perlu mobil, tapi planet bumi harus tetap sehat. Hehehe, untungnya, ahli mesin adalah orang pintar. Ahli mesin menemukan satu cara. Ahli mesin menggabungkan dua bahan bakar dalam satu mobil. Yaps, mobil itu memakai bahan bakar minyak dan bahan bakar listrik. Mobil yang memakai bahan bakar minyak dan bahan bakar listrik disebut mobil Hybrid.
Seperti apa cara kerjanya mobil Hybrid? Begini cara kerja mobil Hybrid. Mobil Hybrid memakai bahan bakar listrik ketika berjalan pelan. Misalnya, saat mobil berada di jalanankota yang macet. Tapi mobil Hybrid memakai minyak saat buth banyak tenaga. Contohnya, ketika mobil mendaki bukit.
Uniknya, mobil Hybrid juga punya generator. Kamu tahu kan, generator adalah alat penghasil listrik? Yaps, generator dapat menghasilkan listrik ketika berputar. Nah, saat roda mobil berputar, generator pun ikut berputar dan menghasilkan listrik. Listrik ini disimpan di dalam baterai. Wah, pengemudi Hybrid tidak perlu repot-repot mengisi baterai. Mobil Hybrid, pintar sekali ya. . .
Pintarnya Mobil Hybrid
Eh, kenapa mobil Hybrid bisa sepintar itu, ya? Hmm, itu karena mobil Hybrid dilengkapi komputer. Komputer ini berpikir kapan mobil pakai bahan bakar minyak, kapan mobil pakai bahan bakar listrik. Wah, komputernya juga bawel, lo. Kalau pengemudi belum memakai sabuk pengamuk, alarm mobil berteriak.
Waduh, apakah pengemudinya jadi pusing saat menyetir mobil Hybrid? Tentu saja tidak. Yang pusing hanya mobilnya, kok. Pengemudi mobil tinggal menyetir dengan nyaman. Suara mobil tidak bising, lo. Pengemudi juga tidak perlu takut gas karbon dioksida. Karena gas karbon dioksida yang dihasilkan mobil Hybrid sangat rendah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by Artikel Pendidikan | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks