Sabtu, Juli 18, 2009

COVER STORY :Ih... Takuuuuut!

Ih... Takuuuuut!
Fobia yang Bikin Susah

Pernah merasa takut terhadap sesuatu? Misalnya terhadap binatang menjijikkan seperti kecoak atau ular. Bahkan ada yang rasa takutnya cukup aneh, seperti takut pada angka, pohon, ayam, ataupun pada badut. Kok bisa ya? Sebenarnya normal nggak ya rasa takut seperti itu?Menurut para ahli, orang akan merasa takut jika menemukan situasi atau obyek yang membahayakan dan mengancam keselamatan jiwa. Misalnya jika kita melihat harimau, kita akan merasa lebih takut daripada saat berhadapan dengan kelinci. Rasa takut sendiri adalah hal yang wajar. Kita bisa menggunakan rasa takut sebagai modal untuk menghindarkan diri dari bahaya dengan mengantisipasi kejadian yang tidak menyenangkan. Misalnya karena takut tidak bisa memenuhi batas waktu dari guru, akhirnya kita berusaha menyelesaikan pekerjaan rumah sampai selesai hari itu juga. Sedangkan rasa takut yang menghambat itulah yang dinamakan fobia.

Apakah fobia itu? Fobia adalah rasa takut berlebihan terhadap suatu obyek, padahal tidak berbahaya. Misalnya takut pada angka, tas sekolah, pohon, pintu, ataupun kertas. Penderita fobia akan merasa tidak nyaman dan sering terhambat aktivitasnya, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Bayangkan saja, mereka bisa menjerit-jerit jika bertemu dengan benda-benda yang menurut orang lain biasa saja. Bagaimana bisa beraktivitas, karena benda-benda yang mereka takuti banyak ditemukan di sekitar mereka.

Sebenarnya, rasa takut berlebihan ini bisa disembuhkan. Kita bisa meminta bantuan ahli karena dibutuhkan terapi dan pengobatan. Terapi dilakukan dengan mengajak penderita fobia mengubah pola pikir terhadap obyek fobia. Mereka dilatih untuk berpikir bahwa yang ditakuti itu sebenarnya aman atau ketakutan mereka semestinya tidak sebesar itu. Setelah pola pikir diperbaiki, mereka akan diajak untuk mengalami langsung obyek fobia tersebut, istilahnya desensitisasi.
Terapi tanpa pengobatan malah dianggap tidak efektif karena tidak akan mengurangi rasa takut dalam diri seseorang. Jadi tetap diperlukan bantuan pengobatan untuk menurunkan rasa cemas dan takut sehingga penderita bisa mengontrol perilaku dan pola pikirnya lebih baik. Dengan penggunaan obat, efek terapi menjadi lebih efektif.

Nah, jika kita mulai merasakan takut yang berlebihan, segera mencari solusinya. Hilangkan rasa takut dan cari cari bantuan untuk mengatasi hal ini. Jangan sampai kita menjadi seseorang yang terus minder dan tidak berani berhadapan dengan orang lain. Oke, mulai sekarang kamu harus menghilangkan rasa takutmu itu yaaa...

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by Artikel Pendidikan | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks