Sabtu, Juli 18, 2009

3. Kesehatan

Memiliki garis pinggang lebar dapat meningkatkan hampir dua kali-lipat risiko orang meninggal dini bahkan jika massa tubuh tak melebihi indeks ukuran "normal". Demikian hasil satu studi baru terhadap lebih dari 350.000 orang di seluruh Eropa, yang disiarkan Rabu di dalam majalah AS New England Journal of Medicine.Studi tersebut memberi bukti kuat bahwa menyimpan kelebihan lemak di sekitar pinggang menimbulkan risiko besar kesehatan, bahkan pada orang yang tak dianggap kelebihan berat tubuh atau kegemukan. Studi itu menyatakan para dokter mesti mengukur garis pinggang pasien dan pinggul mereka serta indeks massa tubuh mereka sebagai bagian dari standard pemeriksaan kesehatan, kata para peneliti itu, dari Imperial College London, German Institute of Human Nutrition, dan lembaga penelitian lain di seluruh Eropa.

Setelah para peneliti membandingkan objek dengan indeks massa tubuh yang sama, mereka menyatakan risiko kematian dini meningkat sejalan dengan pertambahan garis lingkar pinggang. Risiko kematian dini meningkat hampir dua-kali lipat pada orang dengan ukuran pinggang lebih lebar --lebih dari 120 centimeter bagi pria dan lebih dari 100 centimeter bagi perempuan, dibandingkan dengan subjek yang memiliki pinggang lebih kecil (kurang dari 80 sentimeter buat pria dan kurang dari 65 sentimeter bagi perempuan).

Indeks massa tubuh biasanya digunakan untuk menilai apakah seseorang memiliki berat "normal". Penambahan lingkar pinggang setiap 5 sentimeter meningkatkan risiko kematian sebesar 17% pada pria dan 13% pada perempuan. Peningkatan risiko kematian mungkin secara khusus berkaitan dengan penimbunan lemak di sekitar lingkar pinggang karena jaringan lemak di daerah itu mengeluarkan cytokines, hormon dan zat yang aktif secara metabolis yang dapat memberi sumbangan bagi perkembangan penyakit kronis, terutama penyakit jantung dan kanker, kata para penulis studi itu. (*/kpl)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by Artikel Pendidikan | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks