Sabtu, Juli 04, 2009

COVER STORY

Hore ! Akhirnya Libur Juga

Hore! Liburan hampir tiba. Setelah setahun sibuk dengan aktivitas sekolah, akhirnya bisa libur juga. Libur adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Karena kita bisa bermain, berkunjung ke rumah teman dan saudara serta ke tempat rekreasi.
Enaknya mengajak ayah dan ibu liburan kemana ya? Mungkin bagi kita yang menyenangi hijau pohon-pohon bisa mengajak orangtua ke gunung. Di san kita bisa melihat hijaunya pepohonan, merasakan udara segar,sekaligus menambah ilmu pengetahuan. Terutama pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA).
Jika tidak suka gunung, bisa juga mengajak orangtua, saudara, atau teman-teman liburan ke pantai. Di sana, kita bisa melihat birunya laut, nelayan yang bekerja mencari ikan, dan gerakan ombak. Di pantai juga kita bisa membuat isatan pasir bersama, bermain bola atau layangan. Sekarang ini sudah banyak layangan hias yang dijual di sana. Jika lebih berani, bisa berenang di laut. Tapi ingat, berenangnya hanya sampai batas yang diperbolehkan. Orangtua juga harus mengawasi, agar mereka tahu jika sesuatu terjadi pada anaknya.
Bagi yang tidak punya rencana ke tempat rekreasi alam, bisa mendatangi museum. Selain me-refresingkan otak, juga mendapat ilmu. Jangan lupa membawa catatan untuk mencatat hal-hal yang penting yang ditemukan di sana.
Bagaimana jika waktu liburannya sedikit dan tidak cukup waktu mendatangi tempat rekreasi? Kita bisa menghabiskan liburan di rumah. Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya menyelesaikan hal-hal yang tertunda seperti menonton CD atau VCD dan buku cerita. Lihat kondisi kamar, jika berantakan kita bisa membereskannya. Mungkin selama ini, karena kesibukan, kamar jadi tidak diperhatikan. Saat libur, kita bisa menata kamar sehingga memberikan suasana baru. Coba deh ubah posisi kamar tidur, lemari atau meja belajar. Mudah-mudahan setelah ditata, bisa menambah semangat belajar kita.
Kegiatan lain yang bisa dilakukan di rumah adalah membantu ibbu atau si mbok memasak. Tidak ada salahnya kan sekali-sekali masuk dapur. Kita bisa mengetahui cara pembuatan masakan favorit kita.
Manfaatkan liburan sebagai ajang mempererat tali silaturrahmi dengan saudara atau teman. Sekali-sekali kita bisa datang ke rumah mereka saat libur.
Kita bisa bertukar cerita, bermain bersama. Yang terpenting sebelum berlibur kerjakan dulu semua tugas yang ada. Biar liburannya bisa tenang dan berjalan baik. Selamat berlibur ya!(Pontianak Post)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by Artikel Pendidikan | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks