Sabtu, Juli 18, 2009

COVER STORY :Ih... Takuuuuut!

Ih... Takuuuuut!
Fobia yang Bikin Susah

Pernah merasa takut terhadap sesuatu? Misalnya terhadap binatang menjijikkan seperti kecoak atau ular. Bahkan ada yang rasa takutnya cukup aneh, seperti takut pada angka, pohon, ayam, ataupun pada badut. Kok bisa ya? Sebenarnya normal nggak ya rasa takut seperti itu?Menurut para ahli, orang akan merasa takut jika menemukan situasi atau obyek yang membahayakan dan mengancam keselamatan jiwa. Misalnya jika kita melihat harimau, kita akan merasa lebih takut daripada saat berhadapan dengan kelinci. Rasa takut sendiri adalah hal yang wajar. Kita bisa menggunakan rasa takut sebagai modal untuk menghindarkan diri dari bahaya dengan mengantisipasi kejadian yang tidak menyenangkan. Misalnya karena takut tidak bisa memenuhi batas waktu dari guru, akhirnya kita berusaha menyelesaikan pekerjaan rumah sampai selesai hari itu juga. Sedangkan rasa takut yang menghambat itulah yang dinamakan fobia.

Apakah fobia itu? Fobia adalah rasa takut berlebihan terhadap suatu obyek, padahal tidak berbahaya. Misalnya takut pada angka, tas sekolah, pohon, pintu, ataupun kertas. Penderita fobia akan merasa tidak nyaman dan sering terhambat aktivitasnya, baik di sekolah maupun di lingkungan rumah. Bayangkan saja, mereka bisa menjerit-jerit jika bertemu dengan benda-benda yang menurut orang lain biasa saja. Bagaimana bisa beraktivitas, karena benda-benda yang mereka takuti banyak ditemukan di sekitar mereka.

Sebenarnya, rasa takut berlebihan ini bisa disembuhkan. Kita bisa meminta bantuan ahli karena dibutuhkan terapi dan pengobatan. Terapi dilakukan dengan mengajak penderita fobia mengubah pola pikir terhadap obyek fobia. Mereka dilatih untuk berpikir bahwa yang ditakuti itu sebenarnya aman atau ketakutan mereka semestinya tidak sebesar itu. Setelah pola pikir diperbaiki, mereka akan diajak untuk mengalami langsung obyek fobia tersebut, istilahnya desensitisasi.
Terapi tanpa pengobatan malah dianggap tidak efektif karena tidak akan mengurangi rasa takut dalam diri seseorang. Jadi tetap diperlukan bantuan pengobatan untuk menurunkan rasa cemas dan takut sehingga penderita bisa mengontrol perilaku dan pola pikirnya lebih baik. Dengan penggunaan obat, efek terapi menjadi lebih efektif.

Nah, jika kita mulai merasakan takut yang berlebihan, segera mencari solusinya. Hilangkan rasa takut dan cari cari bantuan untuk mengatasi hal ini. Jangan sampai kita menjadi seseorang yang terus minder dan tidak berani berhadapan dengan orang lain. Oke, mulai sekarang kamu harus menghilangkan rasa takutmu itu yaaa... Read more "COVER STORY :Ih... Takuuuuut!..."

1. Pengetahuan

Tentang Fobia



- Secara garis besar, fobia terdiri atas tiga kategori. Specific fobia yaitu rasa takut yang muncul terhadap obyek yang jelas. Agoraphobia yaitu rasa takut berada di tempat umum, dan social phobia yaitu rasa takut terhadap kehadiran orang lain yang mungkin akan menilai atau mengkritisi perilaku dan penampilan kita.
-Menurut penelitian para ahli, 3% kasus fobia adalah jenis fobia spesifik. Obyek fobia yang paling umum adalah binatang, ketinggian, ruangan sempit dan tertutup, perjalanan dengan pesawat terbang, darah, dan suntikan. Penyebabnya sendiri bisa dari pengalaman langsung atau melihat pengalaman orang lain yang mengakibatkan reaksi dan perasaan tidak menyenangkan pada diri kita. Fobia juga bisa muncul karena pembelajaran terhadap perilaku orang lain, misalnya orang tua kita takut gelap, kebiasaan takut akan gelap itu ditiru oleh anak-anaknya sehingga satu keluarga itu punya persepsi buruk terhadap gelap. Read more "1. Pengetahuan..."

2. Sport

Wah, wah, tentang sport nih, sekarang kita mau bahas tentang kedatangan MU ( Mancheter United ) ke Indonesia yang dibatalkan. Yah, sayang banget ya, apa lagi banyak orang yang udah nunggu-nunggu dan banyak orang yang udah beli tiketnya. Padahal tiketnya mahal banget ya. Katanya sih itu karena bom kemarin yang meleak di Kawasan Mega Kuningan. Ya, tapi mau gimana lagi. Semuanya udah terjadi dan gak perlu disesali lagi. Tapi kita harus membuat Indoneesia kita lebih maju. Agar kalau kita kedatangan klub sepak bola lagi, gak bakalan ada bom yang meledak. Oleh karena itu kalian harus menjadi pintar. Dan selalu membuka Get Smartert. Read more "2. Sport..."

3. Kesehatan

Memiliki garis pinggang lebar dapat meningkatkan hampir dua kali-lipat risiko orang meninggal dini bahkan jika massa tubuh tak melebihi indeks ukuran "normal". Demikian hasil satu studi baru terhadap lebih dari 350.000 orang di seluruh Eropa, yang disiarkan Rabu di dalam majalah AS New England Journal of Medicine.Studi tersebut memberi bukti kuat bahwa menyimpan kelebihan lemak di sekitar pinggang menimbulkan risiko besar kesehatan, bahkan pada orang yang tak dianggap kelebihan berat tubuh atau kegemukan. Studi itu menyatakan para dokter mesti mengukur garis pinggang pasien dan pinggul mereka serta indeks massa tubuh mereka sebagai bagian dari standard pemeriksaan kesehatan, kata para peneliti itu, dari Imperial College London, German Institute of Human Nutrition, dan lembaga penelitian lain di seluruh Eropa.

Setelah para peneliti membandingkan objek dengan indeks massa tubuh yang sama, mereka menyatakan risiko kematian dini meningkat sejalan dengan pertambahan garis lingkar pinggang. Risiko kematian dini meningkat hampir dua-kali lipat pada orang dengan ukuran pinggang lebih lebar --lebih dari 120 centimeter bagi pria dan lebih dari 100 centimeter bagi perempuan, dibandingkan dengan subjek yang memiliki pinggang lebih kecil (kurang dari 80 sentimeter buat pria dan kurang dari 65 sentimeter bagi perempuan).

Indeks massa tubuh biasanya digunakan untuk menilai apakah seseorang memiliki berat "normal". Penambahan lingkar pinggang setiap 5 sentimeter meningkatkan risiko kematian sebesar 17% pada pria dan 13% pada perempuan. Peningkatan risiko kematian mungkin secara khusus berkaitan dengan penimbunan lemak di sekitar lingkar pinggang karena jaringan lemak di daerah itu mengeluarkan cytokines, hormon dan zat yang aktif secara metabolis yang dapat memberi sumbangan bagi perkembangan penyakit kronis, terutama penyakit jantung dan kanker, kata para penulis studi itu. (*/kpl) Read more "3. Kesehatan..."

4. Psikologi

Mengubah Masalah Menjadi Kesempatan
Setiap orang pasti pernah mengalami masalah dalam hidupnya. Namun, dalam setiap masalah terkandung suatu hikmah tertentu. Oleh karena itu, carilah kebaikan dari kejadian buruk yang dialami.
SATU hal yang harus anda ingat bila menghadapi suatu masalah adalah “Anda perlu menemukan kekuatan dalam diri anda sendiri”. Walaupun anda membutuhkan dan menerima bantuan dari orang lain, anda harus menjadi pengambil keputusan akhir. Adalah penting untuk berusaha mencari jalan keluar sendiri, karena hal tersebut akan memperkuat dan membuat tabah diri anda sendiri. Begitu mampu melakukannya, anda akan menemukan bibit-bibit kesempatan emas. Seperti dikatakan Napoleon Hills dalam bukunya mengenai keberhasilan: ”Galilah dari bencana atau kesulitan yang menimpa anda untuk mendapatkan suatu keberuntungan pribadi. Carilah apa yang dapat anda temukan dalam diri anda dan tentukan apa yang dapat dilakukan selanjutnya. Gunakan pengalaman pahit ini untuk mengarahkan diri anda pada langkah selanjutnya. Tanya diri anda sendiri bagaimana pengalaman pahit ini dapat membantu menarik keputusan dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang menguntungkan di kemudian hari”.
Lima Langkah Mengubah Bencana Menjadi Kesempatan
1. Mengenali bencana dan kesulitan yang anda alami dan putuskan apa yang harus anda lakukan untuk mengatasinya. Yakinlah bahwa anda mampu untuk melakukannya.
2. Menjauhkan diri dari pengalaman buruk. Bayangkan anda berdiri jauh dari hal tersebut dan memandanginya dari kejauhan seolah-olah tidak pernah menimpa diri anda. Pandanglah dengan obyektif dan jangan biarkan menguasai dan menghancurkan diri anda.
3. Mengambil pelajaran dari pengalaman buruk yang menimpa. Jangan sampai menyalahkan diri sendiri atas kejadian yang telah terjadi, lebih baik mengamatinya dengan teliti untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik agar tidak dapat terulang lagi di masa mendatang.
4. Menentukan langkah selanjutnya. Untuk mendapatkan langkah selanjutnya yang tepat, mulailah dengan menanyakan kata hati terdalam anda. Lalu biarkan benak anda terbuka untuk menerima berbagai kemungkinan untuk suatu perubahan, berdasarkan pemahaman dan pengetahuan baru yang anda dapatkan.
5. Tenangkan diri anda. Luangkan waktu beberapa saat untuk bernafas lega atas komitmen baru yang berhasil anda bentuk. Katakan pada diri anda sendiri bahwa anda telah membuat keputusan yang tepat dan siap melanjutkan langkah hidup anda. Dengan memberi keyakinan diri, maka anda akan merasa lebih siap dan penuh percaya diri terhadap keputusan yang telah anda buat. Read more "4. Psikologi..."

5. Kesehatan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menghapal, bagi sebagian orang, masih dianggap sebagai momok menakutkan. Terbayang kata-kata yang begitu banyak yang harus dijejalkan ke dalam otak.
Ya, belum lagi jika kata-kata itu harus memakai istilah-istilah asing macam oryza sativa alias padi, Panthera Tigris alias Harimau Jawa, atau nama-nama kerajaan dan tahun berkuasanya. Hal-hal semacam itu kerap membuat orang bergidik.
Nah, untuk membantu kita untuk menghapal, teknik Mind Map atau Pemetaan Pikiran bisa menjadi pilihan. Mind Map merupakan teknik yang memungkinkan kita mengeksplorasi seluruh kemampuan otak.
Teknik ini membantu kita untuk menghilangkan rasa jenuh saat berpikir dan belajar. Karena, dengan teknik inilah kita bisa melibatkan keseimbangan kerja otak kiri dan otak kanan melalui pemetaan pikirin yang melibatkan coretan gambar, warna, garis, dan kata kunci.
Berikut adalah tips untuk membuat Mind Map yang dibagikan oleh Susanto Edy, President Director dari Supermap, sebuah Pusat Pelatihan Mind Map di Indonesia. "Untuk pertama kali mungkin terasa sedikit susah, tapi seiring waktu ditambah ketekunan, pasti mudah untuk dilakukan," ujar Susanto. 
- Siapkan materi yang akan dibuat menjadi Mind Map. Akan sangat baik jika kita sudah menguasai data-data yang penting
- Siapkan kertas kosong
- Siapkan spidol atau pen warna, setidaknya dengan tiga macam warna
- Posisikan kertas secara landscape atau horisontal
- Tuliskan topik utama pada tengah - tengah kertas, lalu tambahkan gambar atau visualisasi yang berhubungan serta menarik
- Dari topik utama di tengah, tarik garis sebagai cabang pertama di kanan atas untuk sub-topik
- Berikan satu kata kunci (keyword) untuk masing-masing sub-topik, dan tuliskan di atas garis
- Gunakan warna yang berbeda untuk tiap-tiap cabang sub-topik, tambahkan pula dengan gambar, simbol, ataupun visualisasi yang mudah diingat dan memiliki kaitan
- Setelah selesai, rapikan dan kelompokkan Mind Map agar mudah digunakan dan direvisi di kemudian waktu
- Mind Map siap digunakan Read more "5. Kesehatan..."

Sabtu, Juli 04, 2009

COVER STORY

Hore ! Akhirnya Libur Juga

Hore! Liburan hampir tiba. Setelah setahun sibuk dengan aktivitas sekolah, akhirnya bisa libur juga. Libur adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Karena kita bisa bermain, berkunjung ke rumah teman dan saudara serta ke tempat rekreasi.
Enaknya mengajak ayah dan ibu liburan kemana ya? Mungkin bagi kita yang menyenangi hijau pohon-pohon bisa mengajak orangtua ke gunung. Di san kita bisa melihat hijaunya pepohonan, merasakan udara segar,sekaligus menambah ilmu pengetahuan. Terutama pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA).
Jika tidak suka gunung, bisa juga mengajak orangtua, saudara, atau teman-teman liburan ke pantai. Di sana, kita bisa melihat birunya laut, nelayan yang bekerja mencari ikan, dan gerakan ombak. Di pantai juga kita bisa membuat isatan pasir bersama, bermain bola atau layangan. Sekarang ini sudah banyak layangan hias yang dijual di sana. Jika lebih berani, bisa berenang di laut. Tapi ingat, berenangnya hanya sampai batas yang diperbolehkan. Orangtua juga harus mengawasi, agar mereka tahu jika sesuatu terjadi pada anaknya.
Bagi yang tidak punya rencana ke tempat rekreasi alam, bisa mendatangi museum. Selain me-refresingkan otak, juga mendapat ilmu. Jangan lupa membawa catatan untuk mencatat hal-hal yang penting yang ditemukan di sana.
Bagaimana jika waktu liburannya sedikit dan tidak cukup waktu mendatangi tempat rekreasi? Kita bisa menghabiskan liburan di rumah. Banyak hal yang bisa dilakukan di rumah. Misalnya menyelesaikan hal-hal yang tertunda seperti menonton CD atau VCD dan buku cerita. Lihat kondisi kamar, jika berantakan kita bisa membereskannya. Mungkin selama ini, karena kesibukan, kamar jadi tidak diperhatikan. Saat libur, kita bisa menata kamar sehingga memberikan suasana baru. Coba deh ubah posisi kamar tidur, lemari atau meja belajar. Mudah-mudahan setelah ditata, bisa menambah semangat belajar kita.
Kegiatan lain yang bisa dilakukan di rumah adalah membantu ibbu atau si mbok memasak. Tidak ada salahnya kan sekali-sekali masuk dapur. Kita bisa mengetahui cara pembuatan masakan favorit kita.
Manfaatkan liburan sebagai ajang mempererat tali silaturrahmi dengan saudara atau teman. Sekali-sekali kita bisa datang ke rumah mereka saat libur.
Kita bisa bertukar cerita, bermain bersama. Yang terpenting sebelum berlibur kerjakan dulu semua tugas yang ada. Biar liburannya bisa tenang dan berjalan baik. Selamat berlibur ya!(Pontianak Post) Read more "COVER STORY..."

1. Music

Wah, wah, wah, sekarang banyak band-band baru, ya. Lagunya juga ada yang bagus dan ada yang tidak terlalu bagus. Nah, yang aku tampilkan sekarang adalah lagu-lagu yang baru. Nah, langsung saja, ya, tangga lagunya.
Urutan 1 ada +=+ D’masiv - Perih
Urutan 2 ada +=+ D’masiv - Jangan Menyerah
Urutan 3 ada +=+ Mata Band - Ada Yang Marah
Urutan 3 ada +=+ Hijau Daun - Sampai Kau Bicara
Urutan 4 ada +=+ ST12 - Isabella
Urutan 5 ada +=+ Aura Kasih Ft Aliya Sachi - Jangan Bilang Siapa Siapa
Urutan 6 ada +=+ The Potters - Keterlaluan
Urutan 7 ada +=+ Kuburan - Tua-Tua Klabing
Urutan 8 ada +=+ Sugesti Band - Serpihan Rindu
Urutan 9 ada +=+Alexa - Wajahmu Indahkan Duniaku
Urutan 10 ada +=+ Andra And The Backbone - Seperti Hidup Kembali
Urutan 11 ada +=+ Domino - Siapa Yang Pantas
Urutan 12 ada +=+ Dewa 19 - Bukan Cinta Manusia Biasa
Urutan 13 ada +=+ Radja - Tak Ada Waktu
Urutan 14 qda +=+ Armada - Buka Hatimu
Urutan 15 ada +=+ Ashanty - Aku Ingin Kamu, Kamu Ingin Dia Read more "1. Music..."

Pengetahuan

Pintarnya Mobil Hybrid

Manusia di Bumi pusing dengan ulah gas kabrbon dioksida. Gas kaarbon dioksida menyebabkan perubahan iklim dan badai di planet Bumi. Sayangnya gas karbon dioksida itu dihasilkan oleh bahan bakar mobil. Padahal, manusia butuh mobil untuk berpergian. Aduh, gimana, dong? Tenang, pakai saja mobil pintar bernama Hybrid.

Hebatnya, Mobil Minyak

Sejak dulu orang membuat bermacam-macam mobil. Ada kendaraan yang memakai bahan bakar minyak. Ada juga kendaraan yang memakai bahan bakar listirk.
Wow, kendaraan dengan bahan bakar minyak terbukti paling hebat. Bayangkan, kendaraan dengan bahan bakar minyak dapat berjalan sejauh 482 kilometer. Bahan bakar minyak mudah diisi ulang. Kendaraan dengan bahan bakar minyak juga dapat melaju kencang, lo. Akibatnya banyak orang lebih suka menciptakan mobil dengan bahan bakar minyak.
Repotnya, Mobil Listrik
Mobil dengan bahan bakar minyak menghasilkan karbon dioksida. Sayangnya, gas karbon dioksida menyebabkan perubahan iklim di planet Bumi. Hiii … seram. Gas karbon dioksida menyebabkan badai dan banjir dimana-mana. Kaarena itu, orang berusaha membuat mobil yang tidak menghasilkan sedikit karbon dioksida. Ahli mesin pun mulai meneliti. Ahli mesin harus membuat baterai jika mobil memakai bahan bakar listrik. Namun, baterai merepotkan pemakai mobil. Soalnya, beterai harus diisi ulang saat habis. Selain itu mobil listrik hanya mampu berjalan sejauh 9 kilometer dan tidak dapt melaju kencang.

Minyak Listrik, Gabung Dong . . .

Jadi gimana, dong? Manusia perlu mobil, tapi planet bumi harus tetap sehat. Hehehe, untungnya, ahli mesin adalah orang pintar. Ahli mesin menemukan satu cara. Ahli mesin menggabungkan dua bahan bakar dalam satu mobil. Yaps, mobil itu memakai bahan bakar minyak dan bahan bakar listrik. Mobil yang memakai bahan bakar minyak dan bahan bakar listrik disebut mobil Hybrid.
Seperti apa cara kerjanya mobil Hybrid? Begini cara kerja mobil Hybrid. Mobil Hybrid memakai bahan bakar listrik ketika berjalan pelan. Misalnya, saat mobil berada di jalanankota yang macet. Tapi mobil Hybrid memakai minyak saat buth banyak tenaga. Contohnya, ketika mobil mendaki bukit.
Uniknya, mobil Hybrid juga punya generator. Kamu tahu kan, generator adalah alat penghasil listrik? Yaps, generator dapat menghasilkan listrik ketika berputar. Nah, saat roda mobil berputar, generator pun ikut berputar dan menghasilkan listrik. Listrik ini disimpan di dalam baterai. Wah, pengemudi Hybrid tidak perlu repot-repot mengisi baterai. Mobil Hybrid, pintar sekali ya. . .
Pintarnya Mobil Hybrid
Eh, kenapa mobil Hybrid bisa sepintar itu, ya? Hmm, itu karena mobil Hybrid dilengkapi komputer. Komputer ini berpikir kapan mobil pakai bahan bakar minyak, kapan mobil pakai bahan bakar listrik. Wah, komputernya juga bawel, lo. Kalau pengemudi belum memakai sabuk pengamuk, alarm mobil berteriak.
Waduh, apakah pengemudinya jadi pusing saat menyetir mobil Hybrid? Tentu saja tidak. Yang pusing hanya mobilnya, kok. Pengemudi mobil tinggal menyetir dengan nyaman. Suara mobil tidak bising, lo. Pengemudi juga tidak perlu takut gas karbon dioksida. Karena gas karbon dioksida yang dihasilkan mobil Hybrid sangat rendah. Read more "Pengetahuan..."

4. Did You Know ?

1. Kamu pernah nggak terkena alergi? Pasti bertanya-tanya apakah alergi itu? Yup, alergi adalah kumpulan gejala akibat reaksi kekebalan tubuh yang berlebihan, yang disebabkan oleh beberapa pencetus. Alergi cenderung diturunkan dalam keluarga. Alergi nggak bisa dihilangkan, tapi bisa dicegah/dikurangi frekuensi kekambuhannya dengan mengghindari pencetusnya. Nah, beberapa faktor pencetus alergi nggak hanya dari luar seperti makanan, obat dan cuaca. Tapi juga dari dalam seperti emosi atau stress. Dampak alergi juga bermacam-macam, mulai dari gatal dan flu ringan, sampai sesak nafas, nyeri sendi, dan gangguan jiwa.
2. Setiap menit ada 350.000 kaleng alumunium yang diproduksi. Dan me-recycle satu saja kaleng ini bisa menghemat energy untuk menyalakan Televisi selama 3 jam loh…
3. Air terdiri dari molekul-molekul yang bergerak bebas. Molekul ini tidak terlalu rapatdan bisa digambarin kayak kumpulan kelereng yang posisinya agak bejauhan. Gerakan dari molekul ini yang sebenarnya mempengaruhi suhu air. Kalau molekulnya bergeerk semakin cepat, maka suhunya akan meningkat. Jadi sebenarnya, saat kita memanaskan air kita sedang mempercepat gerakan molekulnya nih… Read more "4. Did You Know ?..."

5. Pengetahuan

Di Balik Indahnya Salju
Salju itu indah. Bagaikan kapas yang bertaburan dari langit. Membuat udara semakin dingin. Hm. . . benarkah segalanya tentang salju itu indah.

1. Pakaian yang kita kenakan jadi banyak! Pakaian dalam tambahan, baju tebal, jaket, penutup kepala, syal, dan sarung tangan. Memakainya saja sudah pasti sudah butuh waktu lama.
2. Udara musim dingin cenderung kering. Kita harus selalu berbekal asesoris seperti pelembab bibir dan badan. Tidak peduli, laki-laki atau perempuan, harus pakai pelembab. Kalu tida, bibir bisa pecah-pecah!
3. Mandi sering-sering? Jangan! Nanti kulitmu jadi tambah kering.
4. Salju yang sudah terlalu lama akan membeku menjadi es. Nah, jika jalan tertutup es, jalan akan sangat licin. Jika berjalan kaki harus hati-hati. Bila perlu, pakai sepatu khusus anti selip! Biar tidak mudah terpeleset.
5. Biasanya, pemerintah punya kendaraan dan petugas khusus untuk mengeruk salju di jalanan umum. Tetapi, untuk jalan ke rumah dan halaman pribadi, kita harus mengeruk salju sendiri. Paling-paling pemerintah hanya menyediakan garam untuk membantu mencairkan salju.
6. Mau naik mobil di tengah salju? Harus ekstra waspada. Kalau mau aman, ban mobil harus yang anti selip atau dipasangi rantai. Di dalam mobil, harus ada sekop, pembersih kaca, dan cairan anti beku untuk menyemprot lubang kunci.
7. Jika badai salju datang, sejauh mata memandang hanya terlihat warna abu-abu. Indah? Uuuh . . malah membosankan. Habis, tidak bisa kemana-mana, sih.
Pingin Merasakan Indahnya Salju? Mm, kamu mesti siap juga dengan kejadian yang tidak indah! Read more "5. Pengetahuan..."
 

Grey Floral ©  Copyright by Artikel Pendidikan | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks