Sabtu, Juli 18, 2009

4. Psikologi

Mengubah Masalah Menjadi Kesempatan
Setiap orang pasti pernah mengalami masalah dalam hidupnya. Namun, dalam setiap masalah terkandung suatu hikmah tertentu. Oleh karena itu, carilah kebaikan dari kejadian buruk yang dialami.
SATU hal yang harus anda ingat bila menghadapi suatu masalah adalah “Anda perlu menemukan kekuatan dalam diri anda sendiri”. Walaupun anda membutuhkan dan menerima bantuan dari orang lain, anda harus menjadi pengambil keputusan akhir. Adalah penting untuk berusaha mencari jalan keluar sendiri, karena hal tersebut akan memperkuat dan membuat tabah diri anda sendiri. Begitu mampu melakukannya, anda akan menemukan bibit-bibit kesempatan emas. Seperti dikatakan Napoleon Hills dalam bukunya mengenai keberhasilan: ”Galilah dari bencana atau kesulitan yang menimpa anda untuk mendapatkan suatu keberuntungan pribadi. Carilah apa yang dapat anda temukan dalam diri anda dan tentukan apa yang dapat dilakukan selanjutnya. Gunakan pengalaman pahit ini untuk mengarahkan diri anda pada langkah selanjutnya. Tanya diri anda sendiri bagaimana pengalaman pahit ini dapat membantu menarik keputusan dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang menguntungkan di kemudian hari”.
Lima Langkah Mengubah Bencana Menjadi Kesempatan
1. Mengenali bencana dan kesulitan yang anda alami dan putuskan apa yang harus anda lakukan untuk mengatasinya. Yakinlah bahwa anda mampu untuk melakukannya.
2. Menjauhkan diri dari pengalaman buruk. Bayangkan anda berdiri jauh dari hal tersebut dan memandanginya dari kejauhan seolah-olah tidak pernah menimpa diri anda. Pandanglah dengan obyektif dan jangan biarkan menguasai dan menghancurkan diri anda.
3. Mengambil pelajaran dari pengalaman buruk yang menimpa. Jangan sampai menyalahkan diri sendiri atas kejadian yang telah terjadi, lebih baik mengamatinya dengan teliti untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik agar tidak dapat terulang lagi di masa mendatang.
4. Menentukan langkah selanjutnya. Untuk mendapatkan langkah selanjutnya yang tepat, mulailah dengan menanyakan kata hati terdalam anda. Lalu biarkan benak anda terbuka untuk menerima berbagai kemungkinan untuk suatu perubahan, berdasarkan pemahaman dan pengetahuan baru yang anda dapatkan.
5. Tenangkan diri anda. Luangkan waktu beberapa saat untuk bernafas lega atas komitmen baru yang berhasil anda bentuk. Katakan pada diri anda sendiri bahwa anda telah membuat keputusan yang tepat dan siap melanjutkan langkah hidup anda. Dengan memberi keyakinan diri, maka anda akan merasa lebih siap dan penuh percaya diri terhadap keputusan yang telah anda buat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by Artikel Pendidikan | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks