Minggu, Juni 07, 2009

COVER STORY :Bersepeda Itu Menyenangkan

Pernah bermain sepeda ? Tentu saja pernah. Bermain sepeda sangat menyenangkan. Apalagi bersepeda bersama teman-teman. Mengayuh pedal sambil berkeliling komplek perumahan. Berjalan-jalan menikmati situasi pagi atau sore hari. Ditambah lagi angin yang bertiup sepoi-sepoi, suasana semakin asyik. Jika di dekat rumah ada taman berspeda dapat dilakukan di sana.
Bersepeda juga memberikan manfaat bagi tubuh. Coba perhatikan, bagaimana pertama kali saat belajar sepeda. Kita berusaha menyeimbangkan tubuh agar tidak jatuh. Awalnya menggunakan sepeda roda tiga atau empat. Ketika mulai bisa menyeimbangkan tubuh, roda tambahannya dilepas, dan hanya menggunakan dua roda saja yaitu ban sepeda. Jadi dengan kegiatan bersepeda, anak-anak seperti kita dapat melatih keseimbangan fisik dan keterampilan dan koordinasi gerak anggota tubuh. Otot kaki dan tangan juga terasah ketika mengendalikan sepeda. Dengan bersepeda kita akan terbiasa melakukan aktivitas fisik sehingga selalu sehat. Bermain sepeda juga pisa melatih emosi lho. Saat belajar sepeda kita ahrus sabar. Bayangkan kalau mudah marah, ketika jatuh, kita langsung menyerah dan mengomel tidak jelas. Kalau sabar, kita terus belajar. Walaupun jatuh berulang kali. Kita juga tidak menyalahkan orang lain. Sebab, biasanya terjatuh dari sepeda itu karena ngebut dan kurang hati.-hati.
Dengan bermain sepeda, wilayah bermain kita juga menjadi luas. Kita tidak hanya diam di rumah saja. Kita bisa mengunjungi satu tempat ke tempat lainnya. Tentunya tempat tersebut harus diketahui dan diizinkan orangtua. Kita akan mengenal lingkungan baru, teman-teman baru, dan pergaulan kita dengan lingkungan semakin bertambah.
Sepeda juga bisa digunakan sebagai alat transportasi ke sekolah. Terutama yang tempat tinggalnya dekat dengan sekolah. Seperti yang dilakukan dalam Film Laskar Pelangi. Seluruh guru dan murid-murid menggunakan sepeda ke sekolah. Apalagi saat pemanasan global meningkat seperti sekarang. Bersepeda bisa membantu mengurangi pemanasan global. Bersepeda merupakan cara yang mudah untuk ikut mengurangi dampak perubahan iklim. Karena bersepeda tidak mengeluarkan asap, sehingga dapat membantu mengurangi polusi.
Mungkin awalnya orang tua merasa khawatir jika anak-anaknya bersepeda. Khawatir ditabrak motor atau mobil. Tetapi coba yakinkan orang tua. Kan, jarak sekolah dengan rumah tidak jauh. Awalnya bisa diiringi orang tua dulu agar mereka bisa melihat cara kita bersepeda. Jika orang tua menganggap kita bisa berhati-hati dan mahir menggunakan sepeda, mereka pasti memperbolehkan kita bersepeda ke sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by Artikel Pendidikan | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks