Selasa, Juni 16, 2009

3. Pengetahuan

Manfaat Hobi Kita
Kita semua tentu pernah mendengar kata hobi. Hobi atau suatu kegiatan yang


paling kita senangi menrupakan bagian dari kehidupan kita, seperti membaca, menyanyi, berolahraga, dan sebagiannya.
Kita bisa saja mempunyai satu macam hobi bahkan lebih, tetapi ada juga di antara kita yang mengaku tidak mempunyai hobi sama sekali. Kelompok yang mengaku tidak mempunyai hobi ini mungkin menganggap hobi tidak memiliki arti khusus bagi kehidupannya. Jadi, di antara hobi dan kegiatan sehari-hari sama saja, tidak berbeda. Bagi kelompok yang mempunyai hobi menganggap hobi suatu kegiatan yang menyenangkan, bermanfaat, dan mempunyai arti yang sangat istimewa. Kita yang tergolong kelompokini tentu akan memanfaatkan waktu luang kita untuk hobi yang menjadi pilihan kita. Misalnya, kita mempunyai hobi berolahraga. Sesibuk apa pun dan pasti di mana pun kita berada, kita pasti meluangkan waktu untuk berolahraga, TIADA HARI TANPA OLAHRAGA, semboyan inilah yang selalu kita dengungkan.
Sebagai suatu kegiatan yang kita senangi, ternyata hobi dapat membantu kita dalam mengurangi kejenuhan. Terkadang kita merasa jenuh mengerjakan semua pekerjaan rumah (PR) karena kita tidak bisa segera menyelesaikan soal-soal dari Bapak/Ibu Guru. 1hobi kita, ternyata ketegangan itu berkurang. Dengan kata lain hobi bisa dijadikan sebagai tempat mengistirahatkan otak karena pada dasarnya hobi dilakukan dengan santai.
Hobi ternyata dapat juga menimbulkan kreativitas kita. Sebagai contoh, kita mempunyai hobi mengoleksi boneka atau mobil-mobilan. Suatu saat mungkin timbul keinginan kita untuk mengganti pakaian bineka-boneka kita dengan pakaian daerah yang ada di Indonesia. Selain itu kita menggambar rumah adatnya yang nanti kita jadikan penataan masing-masing boneka itu. Demikian juga dengan koleksi mobil-mobilan kita, misalnya yang berbentuk VW, BMW, dan sebagiannya. Suatu saat mungkin kita akan membuat bendera-bendera yang kita letakkan di dekatnya untuk menandai Negara asal (produsen) mobil-mobil tadi.
Dari contoh tadi, tampaknya hobi hanya sebagai sebuah kegiatan biasa. Akan tetapi, dari kegiatan itu kita bisa belajar tentang kebudayaan suatu daerah atau suatu Negara, bukan? Dan jika diamati lebih jauh, ternyata hobi bisa melahirkan kreativitas baru. Benar-benar menyenangkan dan mengasyikkan!
Bagi yang ingin menekuni hobi, kita mendapat dua kepuasan sekaligus. Contohnya, kita mempunyai hobi mengumpulkan perca kain katun. Selanjutnya kita bisa mengubah tumpukan perca yang kita sambung dengan cara menjahit dan menyongketnya. Perca-perca katun itu bisa dijadikan selimut, tas santai, hiasan dinding, dan lain-lain. Jika ada orang yang tertarik membelinya, bukankah kita mendapat dua kepuasan, yaitu kepuasan batin dan kepuasan materi? Oleh karena itu, marilah kita pupuk dan kembangkan hobi kita karena mempunyai hobi sangat menyenangkan. Hobi sangat bermanfaat dan mudah dilaksanakan. Ya, hobi bisa dibilang kegiatan yang istimewa.
Ada sebuah pesan yang selalu saya ingat berbunyi : Janganlah engkau hidup bermalas-malasan. Manfaatkan waktu luangmu dengan kegiatan positif.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger

Grey Floral ©  Copyright by Artikel Pendidikan | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks